Tips Membuat PPT dan Presentasi yang menarik


Sedikit tutorial buat teman-teman yang binggung kalo presentasi itu harus seperti apa ya ? PPT yang bagus seperti apa ya? pasti pertanyaan seperti itu sering muncul, pengalaman saya dari SMP hingga Kuliah presentasi itu selalu ada dan sering dijumpai, baik presentasi individu atau kelompok, Susahnya lagi dimasa kuliah rata-rata presentasi secara individu, saya akan share masukan dari orang-orang,dosen,guru,orang tua saya yang mengajarkan, cara presentasi dan membuat Power point yang tepat.




  1. Bahan atau slide yang ditampilkan hanya point-poin pentingnya saja (namanya juga Power Point) karna kenapa disini lah bagian kita untuk menjelaskan point-point tersebut. Jadi harus sangat menguasai bahan yang akan dipresentasika (Tips: Bisa bawa handout,atau coretan kecil untuk mengingat).
  2. Berikan slide yang isinya pertanyaan ex: Satu slide penuh hanya berisi tulisan "APA ITU KOMPUTER?" nah pada saat kita membuat slide seperti ini kita akan lebih mudah berimprovisasi, anda dapat melemparkan pertanyaan kepada audience untuk mendapatkan perhatian mereka.
  3. Sisipkan Gambar yang manarik dalam slide anda, karna melihat tulisan melulu akan membuat orang bosan dan kehilangan interest (NOTES: Gambar yang disisipkan memiliki hubungan dengan materi).
  4. Gunakan Paduan warna dalam yang menarik untuk Layout dan warna font yang cocok untuk layout yang dipilih (NOTES: Sering kali orang membuat presentasi dengan warna yang bertabrakan bahkan gelap sehingga membuat sakit mata yang baca)hehehe.
  5. Ice breaking ini sangat penting apalagi presentasi yang kita bawa cukup panjang dan banyak materi, Ice breaking biasanya bisa berupa pertanyaan lucu atau celetukan/jokes yang menarik sehingga membuat audience tertawa dan membuat suasana lebih mencair.
  6. Sisipkan Video apabila ada file video yang mendukung presentasi anda ini sangat baik, karna orang cenderung lebih cepat paham melalui visual dibandingkan verbal atau tulisan.
  7. Gunakan bahasa yang sopan dan menarik, berpakaian rapi, dan yang terakhir SELF CONFIDENT.

Sekian informasi dan pengalaman yang saya miliki semoga bisa jadi manfaat bagi para pembaca, Terima Kasih :)


cara membuat PPT, Power Point, menarik, presentasi, unik, cara-cara.
Tips Membuat PPT dan Presentasi yang menarik Tips Membuat PPT dan Presentasi yang menarik Reviewed by Unknown on 00.33 Rating: 5

4 komentar:

Silahkan Meninggalkan Komentar, Berkomentarlah dengan Sopan dan terpelajar, Terimakasih support teman-teman sekalian.

Buat yang mau Copas jangan lupa cantumkan Sumber, karna blog ini diproteksi DMCA.

Diberdayakan oleh Blogger.